Saturday, April 28, 2007

Nulis Lagu


Apa sih yang disebut nulis lagu? Gimana sih caranya nulis lagu? Apa sih lagu yang bagus? Dan mungkin masih banyak lagi  pertanyaan seputar nulis lagu. Tapi gue di sini bukannya sok jago nulis lagu. Gue cuma pengen berbagi pengalaman seputar nulis lagu dan kasih opini aja sih. Bidang ini sebenarnya cukup menjanjikan karena musik di Indonesia cukup berkembang pesat. Bukan hanya di industri rekaman aja tapi juga di semua bidang yang berkaitan dengan musik di dalamnya.

Kalo misalnya gue lagi jalan ke toko buku dan liat-liat buku mengenai hobi, biasanya yang sering muncul adalah buku-buku tentang kord-kord gitar, cara singkat menguasai alat musik, buku-buku lagu dan sebagainya. Sampai pada suatu saat gue berpikir bahwa di Indonesia ini bidang penulisan lagu belum terjamah untuk diilmukan. Buktinya belum ada satu buku yang ditulis mengenai ilmu menulis lagu. 

Ketika gue browsing di internet ternyata gue menemukan kenyataan bahwa songwriting ini adalah suatu ilmu yang  cukup menarik. Dan banyak sekali situs-situs mengenai songwriting, misalnya www.easy-song-writing.com, www.musesmuse.com, www.irenejackson.com/tips.html, www.writerswrite.com/songwriting, dan masih banyak lagi. Isinya seputar tips dan trik menulis lagu dari para penulis lagu yang telah bekerjasama dengan para artis internasional.Selain di internet, buku-buku mengenai songwriting pun banyak beredar di Amerika.

Hal tersebut membuat gue berpikir kenapa enggak kalo gue coba untuk menulis buku mengenai songwriting. Akhirnya gue coba-coba cari bahan-bahan dari internet dan ditambah dengan pengalaman gue menulis beberapa buah lagu. Mudah-mudahan sih jadi, gue tinggal nyari bahan-bahan teks dari buku aja. Gue kurang nyaman kalo ngandelin bahan dari internet doang.

1 comment:

Admin said...

Saya juga dah muter2 cari info ttg songwriting, sampe muak baca artikel bahasa inggris, tapi intinya cuma satu, berhenti membaca dan mulailah menulis lagu. Jadi kalo Mas mau bikin buku, mending langsung membahas hal2 teknis misalnya kord progresi, hardware dan software pendukung home recording, bagaimana menemukan publisher untuk menjual lagu kita, dll. Demikian saran dari saya, Mas. Anyway, thanks untuk niatnya memajukan pendidikan musik di Indonesia yang "dianak tirikan" ma kurikulum nasional. Take care. I'm Epping. Out.